RSS

Apa itu Register?

14 Jun

Hari ini pas lagi baca Modul RaDig (Rangkaian Digital)
Pas bolak-balik halaman, terbukalah “Pertemuan 11 Register”.
Entah mengapa gw memutuskan untuk membaca part tsb.
Dengan semangat 45 akhirnya mulailah gw baca 1 per 1 kata2 di lembar halaman pertama.
Seperti biasa di setiap awal pelajaran baru kebanyakan ada dijelaskan mengenai definisi.
“Register adalah suatu kelompok elemen memori yang bekerja bersama sebagai satu kesatuan.”
Setelah selesai membaca definisi tsb, actually gw masih blm ngerti apa itu register.
Di kepala gw register itu komponen warna item ada 16 kaki bentuknya kayak laba2 ato lbih mirip kecoa mekanik.
Well gw putuskan gak mengingat tetapi memahami apa itu register.
Jadi gw persempit definisi tsb menjadi–> Register = kelompok elemen memori.
Pertanyaan berikutnya muncul, apa itu “elemen memori”?
Dan berdasar penafsiran sendiri:
elemen = bagian penyusun
memori = ingatan
So Register itu kumpulan dari bagian2 penyusun ingatan.
Kalau diibaratkan register itu otak dan elemen memori itu adalah sel2 otaknya.
Masalah baru datang lagi, apakah gw bakalan ingat apa yg gw baca hari ini?
Gmna spy gw gak lupa?
Ad sedikit ide jadi gw visualisasikan Register itu sebagai sebuah FD (Flash Disk), intinya kan sama2 mengingat.
Baiklah kita lihat saja besok dst apakah gw masih ingat “apa itu register?”

 

Leave a Reply

 
