RSS

Dari Mana Twitter Mendapatkan Keuntungan?

16 Jul

Seperti yang kita ketahui, Twitter adalah sebuah layanan microblogging yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar informasi hingga 140 karakter untuk sekali tweet. Kalau kita perhatikan, saat ini Alexa rank dari Twitter berada di urutan ke-12. Ini berarti Twitter adalah salah satu situs web yang memiliki pengunjung terbanyak di dunia.

Ada satu hal yang patut dipertanyakan dari Twitter. Yaitu dari mana Twitter memperoleh keuntungan? Sebuah website dengan Alexa Rank 12 tentu membutuhkan bandwith yang luar biasa besarnya. Untuk mencukupi kebutuhan bandwith ini, juga diperlukan biaya yang luar biasa besarnya. Biasanya sebuah website yang ramai dikunjungi akan memasang iklan di beberapa bagian halamannya. Namun anehnya tidak terdapat satupun iklan di Twitter. Lalu dari mana Twitter mendapatkan keuntungan?

Saya sudah menjelajahi begitu banyak website di internet untuk mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Namun yang muncul selalu ‘cara menghasilkan uang dari Twitter.’ Ada beberapa spekulasi mengenai bagaimana Twitter bisa bertahan dan memperoleh keuntungan:

Dari donasi atau sumbangan. Cara ini digunakan oleh Wikipedia untuk tetap bertahan. Mungkin ini juga digunakan oleh Twitter. Tentu pihak yang memberikan donasi akan memperoleh fasilitas tertentu.
Dari Google dan Bing. Twitter mengizinkan mesin pencari untuk menindeks halaman mereka. Sebagai imbalan, pengelola mesin pencari akan memberikan suntikan dana kepada Twitter.
Kerjasama dengan operator seluler. Melalui layanan SMS, Twitter bekerjasama dengan pihak operator.
Kerjasama dengan pengembang aplikasi. Saat ini kita dapat menemukan banyak aplikasi berbayar yang digunakan untuk twitteran. Kemungkinan pengguna aplikasi membayar ke pengembang, lalu pengembang membagikan keuntungannya dengan Twitter.
Hanya untuk senang-senang. Uang bukanlah segala-galanya. Mungkin ini adalah prinsip yang dipegang oleh pengelola Twitter. Sehingga mereka tidak mau mencari keuntungan dari Twitter. Mereka ingin memberi kontribusi terhadap perkembangan peradaban manusia.

http://www.tunardy.com/dari-mana-twitter-mendapatkan-keuntungan/

 
Leave a comment

Posted by on July 16, 2011 in Article

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: